Thursday, August 9, 2012

curhatan supir taxi

pagi ini gw nebeng popo lagi sampe uki.. untuk kemudian gw lanjut dengan taxi ke kantor.
sayangnya pagi ini cuma ada taxi burung biru yang lagi ngetem disitu.. sepi bener dah taxi nya. kalo ojek sih ada sampe beratus ratus kali jumlahnya.. ngeri. banyak bener..
ahirnya gw langsung masuk taxi bb tersebut. seperti biasa, kebetulan dapet supir yang lumayan cerewet.. ngajak ngobrol. ya mayan sih ya, daripada ngantuk. pas kebetulan dia nanya gw mudik ato engga, spontan gw bilang : "ya paling ke bandung aja pak".. and suddenly.. dia langsung mengubah bahasanya menjadi full sundanese! oh ah.. uh.. *langsung mati gaya*
well.. walo gw menghabiskan waktu gw dari bayi sampe taun 2006 di bandung terus (benerbener ga pernah pindah pindah), tapi kalo ditanya soal basa sunda.. ya gitu aja deh.. sih.. serius nya.. gw sih kalo denger orang ngomong pake basa sunda, basa jawa, indonesia, inggris, gw ngerti ngerti aja.. tapi untuk membalas dengan bahasa yang sama (kecuali bhs ind tentunya), jujur aja gw langsung kliatan bego nya.. entah kenapa gw kok syuliiiit bener yaa untuk ngomong sunda/jawa/inggris dengan baik dan benar.. hik.. kayaknya memori dan kemampuan gw tuh langsung ngilang entah kemana.. makanya untuk bahasa gw lebih milih ujian tulisan ya daripada ujian lisan.. wkwkwkwkwk..

oke deh, balik lagi ke supir taxi..
pada akhirnya sih dia banyak "mengeluh" atau sekedar sharing dengan keadaan saat ini..
dia bilang, sekarang susaaaaaaaaaah bgt cari penumpang. sepi aja gitu.. dan bukan hanya karena merk taxi nya ya. emang hampir semua supir taxi merasakan hal yang sama, terutama saat memasuki bulan Ramadan tahun ini.. mereka coba untuk berpositif tinking, dengan berpikiran bahwa mungkin orangorang sekarang banyak yang sudah punya kendaraan pribadi lah, motor lah, ngirit buat mudik lebaran lah, dan lain-lain. jarang banget mereka bisa nutup setoran harian.. kasian juga sih gw dengernya..

trus beralih ke soal keluarga..
dia cerita kalo istrinya tadi pagi nangis. padahal istrinya termasuk orang yang kuat dan nyaris ga pernah nangis (katanya lho ya). tadi pagi itu mungkin karena udah ga kuat ya.. lagilagi masalah ekonomi yang jadi akar permasalahannya.. dengan pemasukan suami yang jauuuuh dari cukup, untuk menghidupi 4 orang anak di kota besar begini kan LUMAYAN juga ya bo. gw sih bisa mengerti.
anaknya yang pertama baru lulus smk. belum dapet kerja. yang kedua baru masuk smk. yang ketiga udah smp. dan yang bungsu masih sd. wow.
ya memang sih.. kalo orang dulu bilang : banyak anak banyak rejeki, untuk jaman sekarang hal itu bisa diterapkan, bisa juga tidak. jaman udah sulit. orang kaya makin kaya. orang miskin makin miskin. cuma takut nya kalo ga bisa bersyukur ya satu : nekad. nekad melakukan segala cara demi menghidupi keluarga. dan itu ga gampang, memang. gw aja yang baru punya satu anak rasanya udah pontang panting banget. ga kebanyang deh kalo anak gw empat.. [hallo des, apa kabar..? *kedipkedip genit ke temen gw yang lagi hamil kembar, anak ketiga dan keempat]..

eniwei... si bapak supir taxi itu nyeritain semuanya pake basa sunda aja lho, sodarasodara.. dan seperti biasa, gw nanggepin pake bahasa indonesia sajah.. daripada salah n sotoy.. dan gw juga cukup tau diri dengan logat gw yang enggak sundanese banget.. hahahahaha.. soalnya temen gw yang orang cianjur pernah protes, kalo gw aneh bgt ngomong basa sunda nya. ga pantes.. bahkan popo aja bilang gitu.. gw lebih pantes ngomong jawa katanya.. padahal kalo ditodong ngomong basa jawa 1 kalimat aja gw bingung.. hahahahaha..

di luar yang dia cerita in bener/boong.. tapi si bapak cukup menarik simpati gw.. ya .. gimana ya.. gw justru seneng kalo ketemu langsung sama orang susah.. daripada sama orangorang yang (mohon maaf) "berprofesi" sebagai pengemis karena malas bekerja.. gw lebih suka sama orang yang tetep berusaha keras untuk bekerja walo tetep kekurangan, dia masih inget untuk bersyukur sama Allah.

Subhanallah..

No comments:

Post a Comment